Rabu, 23 Mei 2012

JARKOM


KONSEP DASAR JARINGAN


Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang saling terkoneksi atau terhubung untuk bertukar informasi. Dalam keseharian kita terdapat banyak sekali jenis jringan yang memberikan layanan yang berbeda. Contohnya kita komunikasi via telephone,menonton acara televisi,mendenrgarkan siarin radio dan mencari sesuatu atau mendonload data melalui internet. Pada umumnya orang-orang menggunakan jaringan tanpa pernah mengetahui bagaimana jaringan itu bekerja dan aa yang akan jaringan terjadi apabila jaringan tersebut tidak ada.

Layanan Berbeda  Jaringan Berbeda
Komponen – komponen Dasar Jaringan
·         Host adalah peralatan yang mengirim dan menerima pesan langsung melalui jaringan.
·         Shared periherals adalah peralatan yang tidak langsung terhubung dengan jaringan namun berkomunikasi melalui host.
·         Network devices adalah eralatan yang digunakan  untuk menghubungkn antara host serta mengatur lalu lintas data pada jaringan.
·         Network media adalah peralatan yang digunakan untuk menghubungkan host dengan networks devices atau antar netork devices.

Peranan Komputer dalam Jaringan
·         Email Server menjalankan software server sementara client menggunakan software mail client seperti microsoft Outlook untuk mengakses email dari server.
·         Web Server menjalankan software server sementara client menggunakan  software browser seperti Windows internet Explorer atau Mozila Firefox untuk mengakses halaman web yang ada pada server.
·         File Server menyediakan file dan komputer client mengakses fie tersebut dengan menggunakan software seperti Windows Explorer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar